TEMPAT MAKAN, JAJANAN

Standar

Ada begitu banyak rumah makan, restoran, café, tempat jajanan yang tersebar di kota Pontianak. Dari yang mahal sampai yang murah-meriah. Dari yang umum, artinya dapat ditemukan ditempat atau daerah lain sampai yang ‘mungkin’ hanya ada di kota Pontianak dengan segala suasana dan ciri khasnya. Dari yang menggunakan bangunan permanen, berada di tempat mewah, dalam lobi hotel sampai yang hanya menggunakan gerobak dorong. Dari yang berada di jalan utama, tepi jalan besar sampai yang berada di gang-gang sempit. Dari yang tidak berkaki, berkaki banyak, lesehan, sampai yang di kaki lima.

Namun, bukan berarti yang mewah lebih enak daripada yang murah-meriah. Atau yang dijalan utama lebih mengugah selera di banding yang ada di dalam gang-gang. Semua memiliki dimensi yang sama dalam membentuk satu warna bersama, akan sebaran makanan-minuman di kota Pontianak.

Kami, dalam buku ini mencoba untuk obyektif dalam menyajikan seberapa banyak sebaran tempat makanan-minuman tersebut. Dan mencoba untuk tidak subyektif dalam menilai mana lebih lezat dibanding lainnya. Karena takutnya nanti malah ada anggapan mengiklankan rumah makan, resto, café, tempat jajanan tertentu.

 

Selanjutnya data, sebaran, lokasi, harga, menu, suasana dan lainya diperoleh dengan metode pemahaman, interpretasi atau verstehen. Pendekatan verstehen yakni, peneliti/penulis berempati terhadap subyeknya, sehingga dapat memahami makna-makna tindakan, gejala, fenomena. Dimana berusaha memahami situasi sosial subyek, lokasi aktivitasnya, para pelaku yang terlibat, kegiatan dan tindakan subyek, obyek/benda disekitar, peristiwa yang terjadi. Artinya kami turun langsung mendata sejumlah tempat tersebut. Dan tentunya selain itu juga kami peroleh dari sumber-sumber lainnya, seperti buku, koran, majalah, internet, pengalaman serta rekomendasi kawan dan lain-lain.

Mengenai deskripsi berkenaan dengan bahan makanan tertentu secara langsung kami cantumkan. Setidaknya untuk menghindari dikotomi dan labelling. Namun tentu itu sangat penting dalam memberi interpretasi dan rasa aman saat mengkonsumsinya. Apakah bisa di konsumsi oleh saudara yang muslim atau yang hanya dapat di konsumsi oleh anda yang non muslim. Di beberapa deskripsi kami cantumkan [tapi menu ini, kawan yang menyantapnya, saya hanya melihat saja].

 Namun, kami pun menyadari bahwa tentunya ada tempat-tempat yang belum masuk dalam catatan buku ini. Karena tentu ada begitu banyak tempat-tempat makanan-minuman yang berada di kota Pontianak. Serta perkembangan kota yan semakin pesat. Atau jika anda melakukan wisata kota, dan berwisata alternatif sekaligus berwisata kuliner tidak tertutup kemungkinan anda sendiri akan menemukan tempat-tempat dengan segala rasa dan ciri khasnya.

Sekali lagi, mari kita lihat dan cicipi bersama makanan-minuman yang ada disekitaran kota Pontianak. Dan selamat menikmatinya dengan rasa aman dan nyaman.

Tinggalkan komentar