Pontianak – Sintang

Standar

IMG_2074
Jarak 395 km dengan waktu tempuh 9, 5 jam dapat dicapai dengan menggunakan bis dengan tariff Rp.  100.000 dan dapat pula dengan mengunakan jalan sungai dengan menumpang kapal (perahu) Bandong.

Objek wisata yang terdapat di Sintang antara lain :

IMG_2156
a.    Bukit Kelam
b.    Bukit Raya
c.    Taman Nasional Bukit Baka
d.    Air Terjun Nokan Nayan
e.    Rumah Panjang didesa Ensaid Panjang
f.    Museum Dara Juanti
g.    Masjid Jami’ Sultan Nata

Adapun agenda wisata di Sanggau diantaranya :
Kisbo
Festival seni musik dua warna dan besato ( beduk, sape dan fashion tato ) dan membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Pekan Raya Sintang
Dalam rangka memperingati HUT RI digelar festival budaya daerah.  Pekan raya ini merupakan tempat yang menarik untuk menyaksikan tarian tradisional, pameran wisata serta berbagai permainan rakyat.

Festival Bumi senentang
Merupakan rangkaian kegiatan memperingati hari Proklamasi RI sebagai warisan budaya Dayak dan Melayu menjadi atraksi menarik bagi pengunjung yang dapat disaksikan melalui festival antar daerah.  Event ini sangat mengesankan.
Gebyar Wisata Bukit Kelam
Memiliki pemandangan yang alami dalam pelaksanaan festival.  Berbagai pengunjung dapat menyaksikan ragam pertunjukkan dan permainan rakyat, dengan luas area 520 m2 dan ketinggian 900 m dibawah permukaan lembah sekitarnya.  Dikelilingi keindahan alam nan memukau, pengunjung dapat juga dapat melihat secara langsung cara pembuatan tenunan dayak Desa Ensaid Panjang yang sangat terkenal di Eropa  dan di Negara lainnya di luar Indonesia.  Keberadaan dan pajangan barang seni budaya daerah yang tersedia disini merupakan daya tarik tersendiri untuk melakukan shoping.  Nikmati keindahan alam disekitar bukit ini dan selama bertamasya.

Tinggalkan komentar