Pontianak – Landak

Standar

 

gedung pancasila, bky

Berjarak 177 km, jika melewati jalan Ambawang dapat ditempuh 2 – 3 jam namun jika melewati jalan lama (sui pinyuh, anjungan, bukit sehaq) bisa mencapai 3 – 4 jam perjalanan.
Objek wisata yang terdapat di Landak antara lain :
a.    Makam Juang Mandor.
b.    Cagar Alam .
c.    Rumah Panjang Saham.
d.    Keraton Ismahayana Ngabang.

Adapun agenda wisata di Landak diantaranya :
Tumpang Nagari
( Keraton Isamahayana Ngabang )
Upacara ritual tahun oleh keluarga keraton dengan iringan doa kepada Tuhan.  Masyarakat lokal dan wisatawan berkumpul menyaksikan parade penempatan Tumpang  Nagari di penjuru kota.

Naik Dango
Upacara adat Suku Dayak Kanayat’n, sebagai ucapa terima kasih atas keberhasilan panen padi.  Lumbung padi ( Dango ) menjadi pusat perhatian untuk mendapatkan benih padi baru.  Upacara ritual ini menampilkan berbagai tarian persembahan.

Ziarah makam Juang Mandor
Dilaksanakan setiap tanggal 28 Juni, merupakan kegiatan menghormati perjuangan patriot bangsa yang telah gugur pada penjajahan Jepang tahun 1942 yang berjumlah 21.037 orang.  Yang terdiri dari para tokoh masyarakat, pemuka agama para pejuang dan cendikiawan.  Pada keempatan itu dilaksanakan upacara makam juang yang dihadiri oleh keluarga korban dan para pejabat tinggi pemerintahan daerah Kalimantan Barat dan dilanjutkan dengan ziarah ke-10 makam juang mandor.

Festival Budaya Binua Landak  ( FBBL )
Festival yang menampilkan kesenian daerah, dengan berbagai atraksi wisata dan pameran serta seminar menjadi daya tarik pengunjung.

Tinggalkan komentar